Jumat, 03 Juli 2015

MAKALAH TENTANG INTERNET



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL                                                                                             
DAFTAR ISI                              ....................................................................        ii
KATA PENGANTAR               ...................................................................         iii
BAB I PENDAHLUAN
A.   Latar belakang               ………………………………………………... 1
B.   Rumusan Masalah       ………………………………………………... 1
BAB II PEMBAHASAN
A.   Pengertian internet                                                  …………………… 2
B.   Manfaat internet                                                       …………………… 2
C.   Perangkat lunak dalan menjalankan internet    …………………… 4
BAB III PENUTUP
A.   Kesimpulan                    ……………………………………….............   6
B.   Saran                               ……………………………………….............   6
DAFTAR PUSTAKA

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
            Puji syukur kehadirat Tuhan YME karena berkat rahmat-Nya makalah ini dapat terselesaikan. Materi ini diambil dari hasill penelusuran di internet.
            Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan makalah ini jika berkenan memberikan saran, penulis akan menerimanya dengan terbuka. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Penulis ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Luwuk,    Maret  2014

         Penulis



BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman yang sangat pesat khususnya dinegara-negara yang sudah maju seperti Amerika, Eropa, Jepang dan lain sebagainya. Negara-negara tersebut adalah negara yang sudah maju di bidang teknologi, teknologi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupanmanusia karena dengan adanya teknologi manusia bisa saling berhubungandengan mudah. Sekarang teknologi sudah semakin canggih, teknologi yang paling populer sekarang ini adalah internet karena dengan adanya internet banyak informasi berharga yang dapat kita ambil dengan mudah, internet merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat cepat dan murah.Internet merupakan suatu perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan bahkan miliaran informasi yang berupa teks dalam bentuk mediaelektronik.
B.   Rumusan masalah :
Ø  Apa yang dimaksud dengan internet?
Ø  Apa manfaat Internet dalam dunia pendidikan dan bagi masyarakat ?
Ø  Apa saja Perangkat lunak dalam menjalankan internet ?
BAB II
PEMBAHASAN
A.   Pengertian internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negaralain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Internet merupakan sebuah jaringan (Internet Protokol) yang terdiri dari beberapa komputer yang sudah terkoneksi ke dalam jaringan global.

B.   Manfaat internet
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet:
1.    Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,sosial.
2.    Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

A.   Manfaat Internet Bagi Pelajar dan Dunia Pendidikan:
1.    Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan: Memperluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan. Sebagai sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah.
2.    Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer: Harus buat tugas lewat Internet otomatis harus menggunakan yang namanya Komputer.
3.    Sebagai Sarana Komunikasi.

1.    Internet sebagai sumber informasi tentang hal apapun tentu akan sangat membantu kehidupan masyarakat. Bagi mereka yang bekerja di bidang pendidikan, bidang literasi, atau bidang kesenian, bisa mencari berbagai informasi dari internet.
2.    Keberadaan internet bisa mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan.
3.    Dalam hal pergaulan, internet juga punya peranan yang sangat besar. Banyaknya forum dan jejaring sosial saat ini yang bisa membantu siapa saja untuk menambah pergaulan.

C.   Perangkat lunak (software) dalam menjalankan internet
1.    Internet explorer
Internet explorer merupakan browser bawaan dari sistem operasi windows. Saat ini, internet explorer sudah mengeluarkan berbagai versi.
2.    Mozilla firefox
Mozilla firefox (aslinya bernama phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai mozilla firebird) adalah penjelajah web antarplatform gratis yang dikembangkan oleh yayasan mozilla dan ratusan sukarelawan.
3.    Google chrome
Google chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh google dengan menggunakan mesin rendering webkit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan chromium. Versi beta untuk microsoft windows diluncurkan pada 2 september 2008 dalam 43 bahasa. Google chrome adalah browser yang dibuat dengan desain praktis agar anda dapat mengakses web dengan lebih cepat, mudah, dan aman.
4.    Skype
skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi p2p (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) atau video berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna skype dapat berbicara dengan pengguna skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeout), menerima panggilan dari telepon tradisional (skypein), dan menerima pesan suara.
5.    Yahoo messenger
yahoo! Messenger (sering disingkat “y!m” atau “ym”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan yahoo! Id yang biasa digunakan untuk mengakses layanan yahoo! Yang lainnya, seperti yahoo! Mail. Penggunaan id ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.
6.    Software mail
Software mail merupakan suatu software/ perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses berkirim surat elektronik/ elektronik mail (e-mail), antara lain outlook express/ internet mail dan netscape mail.





BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Akhirnya penulis dapat menyimpulkan bahwa internet adalah suatu perangkat komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang sudah bisa saling mengakses data, dan saling bertukar informasi antar negara. Sehingga internet cakupannya lebih luas. Sehingga Internet dapat diartikan sebagai jaringankomputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakaikomputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnyaterdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
B.   SARAN
Sebaiknya internet digunakan dalam hal-hal yang positif bukan hal-hal yang negatif. Khususnya dibidang pendidikan agar internet lebih digunakan dalam menunjang pembelajaran karena dengan mengakses internet banyak materi pembelajaran yang bisa kita dapatkan.




DAFTAR PUSTAKA

Ø  www.google.com search makalah tentang internet

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar